Visi dan Misi



Menjadi Madrasah yang Berkarakter Unggul (Shiddiq, Amanah, Tabligh, Fathonah) dengan Meneladani Akhlak Rasulullah SAW dan Terdepan dalam Prestasi di Tingkat Jawa Barat Guna Membangun Generasi Insan Sakinah.


  1. Menyelenggarakan system Pendidikan Islam yang bermutu dengan tata kelola dan pelayanan yang optimal berbasis Multikurikulum yaitu Kurikulum Nasional dan International serta kurkulum khas SATF (Teladan Akhlak Rasul SAW) guna membangun generasi Insan Sakinah Unggul Berkarakter serta berwawasan global berbasis IT
  2. Menyelenggarakan sistem binaan dalam upaya menumbuhkembangkan potensi diri, minat dan bakat siswa dalam meneladani akhlak Rasul SAW berbasis Shidiq, Amanah, Tabligh dan Fatonah melalui pembiasaan dan keteladanan berbasis enam pilar pembinaan kesiswaan (Budaya Insan Sakinah Unggul Berkarakter, Kemandirian, Kreativitas, Kepedulian Sosial, Berpandangan Luas ke Masa Depan/ Visionary dan Berwawasan Global)
  3. Mengembangkan sumber daya insani yang bermutu, berkomitmen dalam meneladani akhlak Rasul SAW berbasis SATF dan berwawasan Global.
  4. Memenuhi serta meningkatkan kualitas maupuj kuantitas sarana, prasarana, pelayanan dan IT dalam menunjang proses Pendidikan yang menyenangkan berbasis SATF (teladan Akhlak Rasul SAW)
  5. Mengembangkan silaturahmi internal dan eksternal untuk penguatan misi Pendidikan dan pelaksanaan dawah Islamiyah berbasis SATF (teladan Akhlak Rasul SAW)
  6. Menjadi supporting system dengan keunggulan kemandirian sistem tata kelola keuangan dan menstimulasi tumbuh kembangnya jiwa entrepreneurship pada sumber daya insani civitas akademika Assakinah



Meneladani Akhlak Rasul

Budaya Generasi Insan Sakinah Unggul Berkarakter SATF

1. Cinta Kepada Allah

Cinta kepada Allah dengan mengenal sifat-sifat dzat-Nya, memahami makna dan mengamalkan nama-nama Agung-Nya (Al Asma Al Husna)


2. Cinta Kepada Rasul

Cinta kepada Al Quran dengan mempelajari dengan teliti/tartil dalam bacaannya, menghafal kalam Illahi sepanjang hidupnya dan memahami makna dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.


3. Cinta Kepada Al Quran

Cinta Ibadah dengan mempelajari ilmunya, mendawamkannya, menjaga ibadah dari adab-adabnya dan kekhusukannya) dengan bertauhid yang benar dalam Sirothol Mustakiim.


4. Cinta Ibadah

Cinta kepada Rosul SAW dengan mengenal pribadi dan keluarganya serta sahabatnya, mempelajari Sirohnya, meneladani Akhlaknya yaitu dalam Siddiq, Amanah, Tabligh dan Fathonah, mengikuti dan ikut andil dalam jejak Dakwahnya.


5. Cinta Kepada Ilmu dan Ulama

Cinta kepada Ilmu dengan bersungguh-sungguh dalam belajar menuntutnya dan cinta kepada ulama dengan menghormati dan takzim kepada semua guru yang menunjukkan Ilmu Pengetahuan milik Allah di muka Bumi ini agar senan tiasa manusia mendapatkan Hidayah-Nya dalam Sirothol Mustakiim.


6. Cinta Kepada Orang Tua

Cinta kepada orang tua dengan menghormati, menjaga, berbuat Ihsan, memulyakannya sepertihalnya kedua orang tua kita menjalankan tugas kasih sayang Allah SWT melalui kasih sayang keduanya pada saat kita dalam buayan atau semasa kecil hingga akhir hayat kita.


7. Cinta Kepada Umat

Cinta kepada umat adalah dengan mencintai sesama muslim sebagai saudara, dan mencintai sesama manusia sebagai rahmatan lilalamiin, serta mencintai umat pengikut Rosul SAW sebagaimana Rosul SAW mencintai dan merindukan umat-Nya.


8. Cinta Kepada Alam

Cinta kepada Alam ciptaan Allah SWT yang menunjukkan keagungan-Nya dan bukti keberadaan-Nya dengan mentadaburi dan metafakurinya.


9. Cinta Kepada Assakinah

Cinta Assakinah (Generasi Insan Sakinah Unggul Berkarakter) adalah dengan membentuk dan membangun diri agar menjadi pribadi muslim yang ber-Iman dengan berupaya optimal untuk mengenal Allah SWT melalui sifat-sifat Dzat-Nya, Al Asmaul Al Husna serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari (Ilmu Asma wa Sifat), mendawamkan dan menjaga Ibadahnya (Ilmu Bimbingan Praktek Ibadah), bertauhid dengan benar dalam Sirothol Mustakiim (Ilmu Tauhid), berpedoman pada petunjuk wahyu Allah SWT yaitu Al Quran dengan mempelajarinya dengan tartil (Ilmu Tahsin), memulyakan Al Quran dan menjadikannya sebagai Dzikir yang agung dengan menghafalnya (Ilmu Tahfidh), memahami makna Al quran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan mempelajari arti dan maknanya (Ilmu Tarjiim). Mencintai Rosul Muhammad SAW sebagai suritauladan dalam hidupnya dengan mengenali pribadi dan keluarganya, mempelajari sirohnya dan meneladani akhlaknya dalam berperilaku Siddiq, Amanah, Tabligh serta Fatonah, (SATF Tarbiyah dan Riyadhoh dalam budaya belajar dan budaya kerja), sehingga menjadi pribadi yang tangguh, unggul/berdaya saing, berilmu pengetahuan, berwawasan global, berpandangan jauh ke depan, dan berkarakter dalam menghadapi perubahan sosial yang terjadi saat ini.



  1. Intrakulikuler
  2. Ekstrakulikuler
  3. Kokulikuler
  4. Keteladanan
  5. Pembiasaan



  1. Kemandirian
  2. Kreativitas
  3. Kepedulian
  4. Berpandangan ke Depan
  5. Berwawasan Global